www.tataislam.com -Syarat untuk shalat adalah wuhuk,bila tidak ada air untuk berwudhuk maka bertayamum sebagai ganti dari wuhduk tersebut.
Banyak orang yang menyangka bahwa dalam madzhab Sy
baca juga : takbir di malam hari raya
afii, berwudhu itu harus memakai air yang jumlahnya mencakupi seluruh anggota wudhu’. Kalau kurang dari itu, ada menganggap air tersebut tidak usah dipakai buat berwudhu, karena tidak cukup digunakan untuk bersuci secara sempurna. Sampai-sampai pada beberapa kesempatan, ada orang yang tidak mau berwudhu’, jika air tersebut banyak atau mencukupi seluruh anggota wudhu’nya.
baca juga: salat yang bisa di qasar
Sekarang yang menjadi persoalan,Jika Seseorang mempunyanyi air, namun tidak cukup digunakan untuk bersuci secara sempurna, wajibkah dipergunakan untuk bersuci terlebih dahulu kemudian tayamum atau langsung melakukan tayamum..????
penjelasannya sebagaimana yang terdapat didalam kitab Tuhfatul Muhtaj A’la Syarah Minhaj pada halaman 355 Juzuk 1 Cetakan Darul al Fikri,berikut nasy kitabnya,
(وَلَوْ وَجَدَ) مُحْدِثٌ أَوْ جُنُبٌ (مَاءً) وَمِنْهُ بَرْدٌ أَوْ ثَلْجٌ قَدَرَ عَلَى إذَابَتِهِ أَوْ تُرَابًا (لَا يَكْفِيهِ فَالْأَظْهَرُ وُجُوبُ اسْتِعْمَالِهِ) لِلْخَبَرِ الصَّحِيحِ «إذَا أَمَرْتُكُمْ بِأَمْرٍ فَأْتُوا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ» ، وَإِنَّمَا
baca juga: status puasa dalam keadaan bersetubuh
لَمْ يَجِبْ شِرَاءُ بَعْضِ الرَّقَبَةِ فِي الْكَفَّارَةِ؛ لِأَنَّهُ لَيْسَ بِرَقَبَةٍ وَبَعْضُ الْمَاءِ مَاءٌ، وَلَوْ لَمْ يَجِدْ تُرَابًا وَجَبَ اسْتِعْمَالُهُ جَزْمًا وَلَا يُكَلَّفُ مَسْحَ الرَّأْسِ بِنَحْوِ ثَلْجٍ لَا يَذُوبُ وَلَمْ يَجِدْ مِنْ الْمَاءِ مَا يُطَهِّرُ الْوَجْهَ وَالْيَدَيْنِ لِعَدَمِ تَصَوُّرِ اسْتِعْمَالِهِ قَبْلَ التَّيَمُّمِ الْمَذْكُورِ فِي قَوْلِهِ (وَيَكُونُ) اسْتِعْمَالُهُ وُجُوبًا عَلَى الْمُحْدِثِ وَالْجُنُبِ (قَبْلَ التَّيَمُّمِ) ؛ لِأَنَّ التَّيَمُّمَ لِعَدَمِ الْمَاءِ فَلَا يَصِحُّ مَعَ وُجُودِهِ نَعَمْ التَّرْتِيبُ فِي الْمُحْدِثِ وَاجِبٌ وَفِي الْجُنُبِ الَّذِي عَلَيْهِ أَصْغَرُ أَيْضًا أَمْ لَا مَنْدُوبٌ فَيُقَدِّمُ أَعْضَاءَ وُضُوئِهِ، ثُمَّ رَأْسَهُ، ثُمَّ شِقَّهُ الْأَيْمَنَ، ثُمَّ الْأَيْسَرَ، وَإِنَّمَا لَمْ يَجِبْ ذَلِكَ لِعُمُومِ الْجَنَابَةِ لِجَمِيعِ بَدَنِهِ فَلَا مُرَجِّحَ يَقْتَضِي الْوُجُوبَ،
dan bisa diLihat juga Ibarat Taintuhfatul Muhtaj;
(وَلَا تَرْتِيبَ بَيْنَهُمَا) أَيْ التَّيَمُّمِ وَغُسْلَ الصَّحِيحِ (لِلْجُنُبِ) وَالْحَائِضِ وَالنُّفَسَاءِ أَيْ لَا يَجِبُ ذَلِكَ؛ لِأَنَّ الْأَصْلَ لَا يَجِبُ فِيهِ ذَلِكَ فَأَوْلَى بَدَلُهُ، وَإِنَّمَا وَجَبَ تَقْدِيمُ الْغُسْلِ إذَا وَجَدَ مَاءً لَا يَكْفِيهِ؛ لِأَنَّ التَّيَمُّمَ هُنَا لِلْعِلَّةِ وَهِيَ مُسْتَمِرَّةٌ وَثَمَّ لِفَقْدِ الْمَاءِ فَوَجَبَ اسْتِعْمَالُهُ أَوَّلًا لِيُوجَدَ الْفَقْدُ عِنْدَ التَّيَمُّمِ وَالْأَوْلَى تَقْدِيمُ التَّيَمُّمِ لِيُزِيلَ الْمَاءُ أَثَرَ التُّرَابِ وَبَحَثَ الْإِسْنَوِيُّ نَدْبَ تَقْدِيمِ مَا يُنْدَبُ تَقْدِيمُهُ فِي الْغُسْلِ فَفِي جُرْحٍ بِرَأْسِهِ يَغْسِلُ صَحِيحَهُ، ثُمَّ يَتَيَمَّمُ، ثُمَّ يَغْسِلُ بَاقِيَ بَدَنِهِ
baca juga: salat orang yang kakinya dijilat kucing
pula terdapat didalam kitab Al-Mahalli pada Halaman 80 Juzuk 1 Cetakan Darul Ihya Qutub Al-Arabiah,
(ولو وجد ماء لا يكفيه فالأظهر وجوب استعماله) في بعض أعضائه محدثا كان أو جنبا ونحوه. (ويكون قبل التيمم) عن الباقي لئلا يتيمم ومعه ماء. والثاني لا يجب استعماله، ويعدل إلى التيمم مع وجوده، ولو لم يجد ترابا وجب استعماله قطعا. وقيل فيه القولان، ولو لم يجد إلا ترابا لا يكفيه للوجه واليدين وجب استعماله قطعا، وقيل فيه القولان.
حاشية القليوبي
عن الباقي) يفيد أنه يكفيه تيمم واحد عن بقية أعضائه وهو كذلك، ولا بد لهذا التيمم من نية مستقلة، ولا يكفي عنه نية الوضوء قبله لأن نيته مع النقل وهو مسح
baca juga: menelan dahak,batalkah puasa
jadi kesimpulan jawabannya ;
Tidak boleh langsung menyegera tayamum, namun baginya wajib menggunakan air tersebut untuk berwudhu’, sekalipun air tidak menyempurnakan seluruh anggotanya. Kemudian bertayamum sebagai peng
baca juga: menggunakan harta haram haji umrah zakat sahkah..????
ganti anggota yang belum terbasuh. Bertayamum cukup dilakukan sekali untuk kesucian semua anggota wudhuk lainnya. Tayamum tersebut wajib disertai dengan niat, tidak cukup dengan niat wudhuk saja artinya ketika seseorang bertayamum,maka wajib meniatkan tayamum.
kunjungi juga : BELAJAR ISLAM.
karena disana banyak jawaban yang sodara temukan
sekian ; semoga bermanfaat.wallahua'lam.
Thanks for sharing,.
BalasHapuskunjungi juga http://bit.ly/2LS6oe5