Tataislam.com ~ Sebagaimana yang kita maklumi, ibadah sembahyang memp
baca juga : hukum shala memakai cadar
unyai beberapa rukun yang mesti dilaksanakan dengan baik dan sempurna. sebagaimana yang kita ketahui Kegagalan seseorang melakukan rukun sembahyang dengan baik dan sempurna walaupun satu rukun daripadanya, dapat menyebabkan sembahyangnya tidak sah.
baca juga : kelebihan shalat tarawih
Rukun-rukun sembahyang itu pula ada yang dilakukan dengan hati yaitu niat, ada juga yang dilakukan dengan gerakan anggota tubuh dan badan (rukun fi’li) seperti berdiri bet
baca juga : shalat yang boleh diqasar
ul, ruku', sujud dan lain-lain, dan ada juga yang dilakukan dengan gerakan lisan atau membaca bacaan tertentu (rukun qauli) seperti membaca takbiratul ihram, membaca surah al-Fatihah pada setiap rakaat dan lain-lain sebagainya.
baca juga : syarat sahnya shalat
Yang menjadi Pertanyaan sekarang :
Mengenai rukun yang dilakukan dengan gerakan lisan atau membaca bacaan tertentu (rukun qauli) bolehkah memindahkan rukun Qauli tersebut pada bukan tempatnya seperti membaca fatihah pada ruku’ ,,,??????
Jawabannya : sebagaimana yang terdapat dalam kitab Tuhfah muhtaj Juzuk 2 pada Halaman 176,berikut nasy' nya..⤵⤵⤵
(وَلَوْ نَقَلَ رُكْنًا قَوْلِيًّا) لَا يُبْطِلُ فَخَرَجَ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَتَكْبِيرُ التَّحَرُّمِ بِأَنْ كَبَّرَ يَقْصِدُهُ وَحِينَئِذٍ لَا نَظَرَ فِيهِ خِلَافًا لِلْإِسْنَوِيِّ (كَفَاتِحَةٍ فِي رُكُوعٍ أَوْ) جُلُوسِ (تَشَهُّدٍ) آخِرٍ أَوْ أَوَّلَ وَتَقْيِيدُ شَارِحٍ بِالْآخِرِ لَيْسَ فِي مَحَلِّهِ وَكَتَشَهُّدٍ فِي قِيَامٍ أَوْ سُجُودٍ (لَمْ يُبْطِلْ عَمْدُهُ فِي الْأَصَحِّ) لِأَنَّهُ غَيْرُ مُخِلٍّ بِصُورَتِهَا بِخِلَافِ الْفِعْلِيِّ (وَيَسْجُدُ لِسَهْوِهِ فِي الْأَصَحِّ)
baca juga : hukum senyum didalam shalat
Dan didalam Kitab Nihayatul muhtaj ila syarhil minhaj Jilid 2 pada halaman 73
. (وَلَوْ) (نَقَلَ رُكْنًا قَوْلِيًّا) غَيْرَ مُبْطِلٍ فَخَرَجَ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَتَكْبِيرَةُ الْإِحْرَامِ بِأَنْ كَبَّرَ بِقَصْدِهِ (كَفَاتِحَةٍ فِي رُكُوعٍ أَوْ) جُلُوسِ (تَشَهُّدٍ) آخَرَ أَوْ أَوَّلَ، وَقَوْلُ بَعْضِ الشُّرَّاحِ أَوْ تَشَهُّدٍ آخَرَ لَيْسَ بِقَيْدٍ، أَوْ نَقْلِ تَشَهُّدٍ أَوْ بَعْضِ ذَلِكَ إلَى غَيْرِ مَحَلِّهِ، أَوْ نَقْلِ قِرَاءَةٍ مَنْدُوبَةٍ كَسُورَةٍ إلَى غَيْرِ مَحَلِّهَا (لَمْ تَبْطُلْ بِعَمْدِهِ فِي الْأَصَحِّ) ؛ لِأَنَّهُ غَيْرُ مُخِلٍّ بِصُورَتِهَا بِخِلَافِ الْفِعْلِيِّ (وَ) عَلَى الْأَصَحِّ (يَسْجُدُ لِسَهْوِهِ) وَلِعَمْدِهِ أَيْضًا (فِي الْأَصَحِّ) لِتَرْكِهِ التَّحَفُّظَ الْمَأْمُورَ بِهِ فِي الصَّلَاةِ فَرْضِهَا وَنَفْلِهَا أَمْرًا مُؤَكَّدًا كَتَأَكُّدِ التَّشَهُّدِ الْأَوَّلِ.
baca juga : shalat berjamaah inilah kelebihan dan keajaibannya.
نَعَمْ لَوْ قَرَأَ السُّورَةَ قَبْلَ الْفَاتِحَةِ لَمْ يَسْجُدْ كَمَا قَالَهُ ابْنُ الصَّبَّاغِ؛ لِأَنَّ الْقِيَامَ مَحَلُّهَا فِي الْجُمْلَةِ، وَقِيَاسُهُ أَنَّهُ لَوْ صَلَّى عَلَى النَّبِيِّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - قَبْلَ التَّشَهُّدِ لَمْ يَسْجُدْ؛ لِأَنَّ الْقُعُودَ مَحَلُّهَا فِي الْجُمْلَةِ.
KESIMPULANNYA ... BOLEH memindahkan rukun qauli kecuali salam dan takbiratul ihram seperti membaca fatihah pada ruku’ atau membaca bacaan i’tidal pada sujud maka perpindahan tersebut tidak menyeba
baca juga : kelebihan dan ke agungan shalat berjamaah fi mesjid.
bkan batal salat dalam pendapat Asah, walau dengan sengaja dan di sunnatkan sujud sahwi dalam pendapat Asah karna meninggalkan sesuatu yang di perintahkan, akan tetapi jikalau membaca surat sebelum fatihah ketika berdiri tidak di sunnatkan sujud sahwi karna berdiri merupakan tempat untuk baca surat.
kunjungi juga : belajar islam ,klik disini
Wallahua'lam
Komentar
Posting Komentar
silahkan anda berkomentar dengan bijak,utamakan kata kata yang baik dan sopan