Rukun Qauli Dalam Shalat bolehkah memindahkan ,begini hukum dan simak penjelasannya


   Tataislam.com ~ Sebagaimana yang kita maklumi, ibadah sembahyang memp

baca juga : hukum shala memakai cadar

unyai beberapa rukun yang mesti dilaksanakan dengan baik dan sempurna. sebagaimana yang kita ketahui Kegagalan seseorang melakukan rukun sembahyang dengan baik dan sempurna walaupun satu rukun daripadanya, dapat menyebabkan sembahyangnya tidak sah.

baca juga : kelebihan shalat tarawih

   Rukun-rukun sembahyang itu pula ada yang dilakukan dengan hati yaitu niat, ada juga yang dilakukan dengan gerakan anggota tubuh dan badan (rukun fi’li) seperti berdiri bet

baca juga : shalat yang boleh diqasar

ul, ruku', sujud dan lain-lain, dan ada juga yang dilakukan dengan gerakan lisan atau membaca bacaan tertentu (rukun qauli) seperti membaca takbiratul ihram, membaca surah al-Fatihah pada setiap rakaat dan lain-lain sebagainya.

baca juga : syarat sahnya shalat

  Yang menjadi Pertanyaan sekarang  :
Mengenai rukun yang dilakukan dengan gerakan lisan atau membaca bacaan tertentu (rukun qauli) bolehkah memindahkan rukun Qauli tersebut pada bukan tempatnya seperti membaca fatihah pada ruku’ ,,,??????

  Jawabannya : sebagaimana yang terdapat dalam  kitab Tuhfah muhtaj Juzuk 2 pada  Halaman 176,berikut nasy' nya..⤵⤵⤵

(وَلَوْ نَقَلَ رُكْنًا قَوْلِيًّا) لَا يُبْطِلُ فَخَرَجَ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَتَكْبِيرُ التَّحَرُّمِ بِأَنْ كَبَّرَ يَقْصِدُهُ وَحِينَئِذٍ لَا نَظَرَ فِيهِ خِلَافًا لِلْإِسْنَوِيِّ (كَفَاتِحَةٍ فِي رُكُوعٍ أَوْ) جُلُوسِ (تَشَهُّدٍ) آخِرٍ أَوْ أَوَّلَ وَتَقْيِيدُ شَارِحٍ بِالْآخِرِ لَيْسَ فِي مَحَلِّهِ وَكَتَشَهُّدٍ فِي قِيَامٍ أَوْ سُجُودٍ (لَمْ يُبْطِلْ عَمْدُهُ فِي الْأَصَحِّ) لِأَنَّهُ غَيْرُ مُخِلٍّ بِصُورَتِهَا بِخِلَافِ الْفِعْلِيِّ (وَيَسْجُدُ لِسَهْوِهِ فِي الْأَصَحِّ)

baca juga : hukum senyum didalam shalat

 Dan didalam Kitab Nihayatul muhtaj ila syarhil minhaj Jilid 2 pada halaman 73

. (وَلَوْ) (نَقَلَ رُكْنًا قَوْلِيًّا) غَيْرَ مُبْطِلٍ فَخَرَجَ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَتَكْبِيرَةُ الْإِحْرَامِ بِأَنْ كَبَّرَ بِقَصْدِهِ (كَفَاتِحَةٍ فِي رُكُوعٍ أَوْ) جُلُوسِ (تَشَهُّدٍ) آخَرَ أَوْ أَوَّلَ، وَقَوْلُ بَعْضِ الشُّرَّاحِ أَوْ تَشَهُّدٍ آخَرَ لَيْسَ بِقَيْدٍ، أَوْ نَقْلِ تَشَهُّدٍ أَوْ بَعْضِ ذَلِكَ إلَى غَيْرِ مَحَلِّهِ، أَوْ نَقْلِ قِرَاءَةٍ مَنْدُوبَةٍ كَسُورَةٍ إلَى غَيْرِ مَحَلِّهَا (لَمْ تَبْطُلْ بِعَمْدِهِ فِي الْأَصَحِّ) ؛ لِأَنَّهُ غَيْرُ مُخِلٍّ بِصُورَتِهَا بِخِلَافِ الْفِعْلِيِّ (وَ) عَلَى الْأَصَحِّ (يَسْجُدُ لِسَهْوِهِ) وَلِعَمْدِهِ أَيْضًا (فِي الْأَصَحِّ) لِتَرْكِهِ التَّحَفُّظَ الْمَأْمُورَ بِهِ فِي الصَّلَاةِ فَرْضِهَا وَنَفْلِهَا أَمْرًا مُؤَكَّدًا كَتَأَكُّدِ التَّشَهُّدِ الْأَوَّلِ.

baca juga : shalat berjamaah inilah kelebihan dan keajaibannya.

نَعَمْ لَوْ قَرَأَ السُّورَةَ قَبْلَ الْفَاتِحَةِ لَمْ يَسْجُدْ كَمَا قَالَهُ ابْنُ الصَّبَّاغِ؛ لِأَنَّ الْقِيَامَ مَحَلُّهَا فِي الْجُمْلَةِ، وَقِيَاسُهُ أَنَّهُ لَوْ صَلَّى عَلَى النَّبِيِّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - قَبْلَ التَّشَهُّدِ لَمْ يَسْجُدْ؛ لِأَنَّ الْقُعُودَ مَحَلُّهَا فِي الْجُمْلَةِ.

 KESIMPULANNYA  ... BOLEH memindahkan rukun qauli kecuali salam dan takbiratul ihram seperti membaca fatihah pada ruku’ atau membaca bacaan i’tidal pada sujud maka perpindahan tersebut tidak menyeba

baca juga : kelebihan dan ke agungan shalat berjamaah fi mesjid.

bkan batal salat dalam pendapat Asah, walau dengan sengaja dan di sunnatkan sujud sahwi dalam pendapat Asah karna meninggalkan sesuatu yang di perintahkan, akan tetapi jikalau membaca surat sebelum fatihah ketika berdiri tidak di sunnatkan sujud sahwi karna berdiri merupakan tempat untuk baca surat.

kunjungi juga : belajar islam ,klik disini

Wallahua'lam

Komentar